fusarium sp






Fusarium sp. merupakan salah satu dari fungi tanah yang dapatt menyebabkan penyakit pada tanaman yang diinanginya. apabila tanaman yang diinangi oleh fungi fusarium tidak secepatnya ditangani maka tanaman tersebut lambat laun akan layu dan pada akhirnya tidak dapat memperhatahankan hidupnya sehingga tanaman yang diinangi tersebut akan mengalami kematian.




Fusarium sp


foto diambil dari sampel tanaman yang dicurigai mengalami gejala penyakit lodoh disebabkan oleh berbagai fungi tanah, seperti Pytium sp. Rhizoctonia sp., Fusarium sp., Lasiodiplodia sp., Phytophhora sp., dan Cylindrocladium sp.

sekilas tentang penyakit lodoh/ rebah kecambah
Penyakit rebah kecambah/lodoh umumnya menginfeksi pada bibit di persemaian. Penyebab penyakit lodoh disebabkan oleh berbagai fungi tanah, seperti Pytium sp. Rhizoctonia sp., Fusarium sp., Lasiodiplodia sp., Phytophhora sp., dan Cylindrocladium sp. Fungi ini bersifat fakultatif, dapat hidup sebagai saprofit di atas permukaan tanah, dan berubah menjadi parasit apabila ada tanaman inang dan kondisi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan patogen (Anggraeni dkk., 2006).

sumber:
buku hama dan penyakit tanaman kehutanan
Anggaraeni, I., Intari, S.E, dan Darwiati, W. 2006 . “ Hama & Penyakit Hutan Tanaman “
Bogor Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman.

Comments

Popular Posts