Xanthosoma sagitifolium


(sumber :ASM Tanaman talas belitung/Xanthosoma sagitifolium)



Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae) yang memiliki perawakan tegak dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi (Malaya), Satoimo (Japan), Tayoba (Spanyol) dan Yu-tao (China).

Taukah anda mengenai Talas Belitung (Kimpul) ?

Talas belitung dengan nama ilmiah Xanthosoma sagitifolium ini termasuk famili Areacea dan merupakan tumbuhan menahun yang mempunyai umbi batang maupun batang palsu yang sebenarnya adalah tangkai daun. Umbinya digunakan sebagai bahan makanan dengan cara direbus ataupun digoreng. Di Benua Afrika bagian barat, di daerah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Barat telah dibudidayakan secara teratur oleh para petani. Penanaman talas belitung menggunakan jarak tanam 50 x 50 cm dan 100 x 100 cm. Sedangkan budidaya yang tidak teratur meliputi daerah Aceh, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pada umumnya tanaman ini diusahakan petani di pekarangan sekitar rumah dan di kebunkebun. Rata-rata hasil per rumpun berkisar antara 0,25 20 kg. Para petani telah melakukan penyiangan dan pembumbunan tanaman, kecuali di daerah Bengkulu. Pada umumnya para petani tidak melaksanakan pemupukan maupun pemberantasan hama penyakit, kecuali para petani daerah Nusa Tenggara Timur. Kimpul atau talas belitung biasa dimanfaatkan untuk konsumsi sebagai cemilan. Di Bogor sendiri talas belitung biasa dijadikan bahan untuk pembuatan perkedel talas yang rasanya tak kalah dengan perkedel dari bahan dasar kentang. Adapula sebagian masyarakat yang membuat keripik dari bahan dasar talas belitung. Selain umbinya dauntalas belitung juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Jadi bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi talas belitung hari ini.

Apa saja sih manfaatnya bagi kesehatan?
Talas merupakan tanaman akar sayur dalam bentuk umbi yang bisa dimakan. Manfaat umbi talas selain mudah dicerna dan daunya merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C.Umbi talas memiliki kandungan indeks glikemik yang telah dikurangi kandungan indeks glikemik ini sangat baik untuk seorang olahragawan atau atlet yang berguna untuk mengatasi kelelahan dari serangkaian aktivitas. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan menstabilkan sistem imun, serta membuang radikal bebas dalam tubuh. sehingga tubuh dapat terjaga kesehatanya dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Indonesia khususnya umbi talas banyak ditemui di darah sekitar puncak bogor jawa barat didaerah tanah yang gembur dengan iklim sejukBila anda berkunjung ke Kota Bogor anda dapat menemukan banyak pedagang yang menjual umbi talas ini.


Sumber : manfaat.co.id/manfaat-umbi-talas
                 Himateta.lk.ipb.ac.id/2010/12/analisis kekuatan bahan talas

Comments

Popular Posts