Dari manakah asal usul mahluk hidup berasal ?

Makhluk hidup merupakan segala sesuatu yang bergerak, berkembangbiak dan melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari untuk kelangsungan hidupnya. Nah pernahkah anda sekalian bertanya-tanya dari manakah mahkluk hidup berasal?

Sebelum adanya suatu penelitian mengenai asal muasal mahluk hidup berasal. Ada anggapan bahwa mahkluk hidup berasal dari benda hidup lain dan ada pula yang beranggapan bahwa mahkluk hidup berasal dari benda yang mati.

Zaman semakin maju, rasa keingintahuan manusia pun semakin tinggi. Ditambah dengan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung dengan cepat.  Para peneliti mengenai makhluk hidup pun semakin banyak.

Pada awalnya, ada anggapan makhluk hidup berasal dari benda mati. Namun setelah banyak para peneliti yang banyak melakukan penelitian. Diantaranya adalah Francesco Redi pada tahun 1628-1629, dalam percobaannya Redi membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Yang kemudian dengan adanya hasil dari percobaan ini maka pendapat yang beranggapan makhluk hidup berasal dari benda mati dianulir.

Dalam percobaan yang dilakukan oleh Francesco Redi, ia menguji asal usul mahkluk hidup dengan menggunakan sepotong daging yang diberikan perlakuan yang berbeda. Pada perlakuan pertama daging ditaruh di dalam botol yang ditutupi dengan kain kasa. Yang kedua daging ditaruh pada botol yang tutupnya dibiarkan terbuka.

Setelah beberapa hari, daging dalam botol pun membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang busuk tersebut mengundang datangnya lalat. Pada botol ke dua terlihat banyak belatung sedangkan pada botol pertama tidak terdapat belatung. Ternyata belatung yang ada pada botol 2 berasal dari telur-telur lalat  yang menetas.  Dari hasil percobaan tersebut, Redi menyimpulkan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup.

Comments

Popular Posts