salam sehat kita dengan konsumsi jamur






  Gambar 1. jamur merang      


Jamur merang atau dengan nama latin volvaceae Volvariella  yang berbentuk seperti cawan berwarna coklat keabuan. jamur merang ini biasa tumbuh pada media merang dan jerami. selain rasa yang enak jamur ini juga kaya akan manfaat seperti jamur yang lainnya loh.

apa aja sih manfaatnya?......


Dengan konsumsi jamur merang bisa untuk hindari penyakit trombosis dan kardiovasuler ???.
Yuk kita intip bagaimana kasiat jamur merang bagi kesehatan tubuh.

Setiap orang pasti mendambakan hidup sehat setiap saat bukan?. Dikarenakan kita tak tau kapan penyakit akan menyerang tubuh kita setiap saat. Tentunya kita berusaha agar tidak jatuh sakit dengan berusaha melakukan pola hidup yang sehat. Oleh karena itu banyak dari masyarakat  yang berusaha menjaga kesehatan tubuhnya dengan berbagai macam cara seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan salah satunya dalam menjaga agar tubuh tetap sehat. apalagi makanan merupakan kebutuhan manusia untuk menunjang aktivitas setiap hari agar tetap kuat dan semangat dalam menjalani aktivitas.

Jamur merang atau dengan nama latin volvaceae Volvariella merupakan bahan pangan yang mengandung protein tinggi, kitin, zat besi, seng, serat, asam amino esensial, dan beberapa vitamin. Selain sebagai bahan pangan, dalam pengobatan Cina, jamur merang telah lama digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunomodulator). Konsumsi jamur merang sebagai bahan pangan fungsional dapat dianjurkan sebagai bagian dari pola hidup sehat sehubungan dengan manajemen penyakit trombosis dan kardiovaskular. 

Sehubungan dengan manfaatnya yang baik bagi tubuh jamur merang kini sudah banyak yang mengkonsumsinya loh. Kebanyakan masyarakat indonesia biasanya mengkonsumsi jamur merang ini sebagai campuran tumisan yang dapat menjadi lauk tambahan bila dimakan bersamaan dengan nasi. Adapula jamur lainnya seperti jamur tiram yang dimanfaatkan sebagai olahan jamur crispy yang dapat kita buat sendiri atau beli di tempat jajanan khas jamur serta tempat jajanan di pinggir jalan. Untuk sekarang ini sebagian besar masyarakat indonesia sudah mengenal jamur merang untuk dikonsumsi jadi tidak akan sulit menemui jamur merang di pasar atau pun swalayan. Mengingat begitu baiknya manfaat dari mengkonsumsi jamur merang masyarakat Indonesia semakin banyak yang membudidayakan jamur tersebut. Sebagai contoh tempat yang membudidayakan jamur di daerah Ciapus terkenal dengan tempat budidaya jamur tiram serta menjual hasil olahan dari jamur. Hasil olahan jamur tersebut dibuat dalam bentuk naget jamur, sate jamur serta nasi goreng jamur dan olahan jamur lainya.


                                           
            
                                                            
                                                               gambar 2. jamur tiram 

                                                          

Bagaimana kawan ??, apakah anda sudah mengkonsumsi jamur merang hari ini?. Bila belum, ayo kita mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi jamur merang yang baik bagi tubuh mulai hari ini. apabila anda  bosan dengan mengkonsumsi jamur merang, anda bisa mengganti jamur lainnya seperti jamur tiram, jamur kuping atau jamur lainnya yang sama berkasiatnya. 

#salam sehat.





Comments

Popular Posts