yuk, kita latih potensi yang sudah kita miliki guna sukseskan hidup.





Seperti yang kita ketahui menilai orang lain lebih mudah  dibandingkan menilai diri sendiri. Apalagi menilai seseorang yang nampak ada di depan kepala kita sendiri. Sebagai contoh adalah saat kita melihat seseorang lelaki tinggi yang gagah dengan setelan jas. Pasti banyak pendapat orang yang berbeda-beda yang menilai lelaki tersebut. Ada yang berharap bisa menjadi seperti dirinya seperti berkata “ ahh, beruntung sekali dia masih muda tapi sudah jadi eksekutif muda”. Ada pula yang menjadi minder dan pesimis melihat lelaki tersebut seperti berkata “hem, andai saja aku setinggi dia apa aku juga bisa dapat pekerjaan yang lebih baik”. Terkadang kita suka pesimis dengan melihat orang lain yang bisa lebih dahulu mencapai kesuksesan dari pada kita. Padahal sebenarnya kita juga memiliki kesempatan yang sama seperti yang lainnya. Setiap manusia dilahirkan dengan takdir yang berbeda. Akan tetapi untuk mencapai kesuksesan setiap manusia memiliki potensi suksesnya masing-masing.
Apakah anda sekalian sudah mengetahui mengenai potensi yang anda miliki?. Pernahkah anda berfikir mengenai potensi yang dapat anda kembangkan untuk kesuksesan anda?. Jika belum, sebaiknya anda segara mengetahui potensi diri anda.
Sebenarnya apa itu potensi diri ?
Potensi diri merupakan suatu kemampuan baik yang sudah terwujud maupun belum terwujud yang dimiliki seseorang tapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Jadi pada dasarnya setiap orang memiliki potensi diri masing-masing baik itu yang terlihat ataupun tidak. Oleh karena itu kita perlu mengasah potensi diri kita lebih baik lagi guna mempertajam potensi yang ada pada diri kita. Sama halnya dengan seseorang yang memiliki potensi dalam bidang menulis khususnya novel. Agar menjadi seorang novelis yang sukses maka dia perlu mengasah potensinya tersebut dengan membuat tulisan berbagai tema. Mendengarkan saran pembaca serta belajar bagaimana menulis sebuah novel yang menarik. Karna potensi seseorang tidak akan berkembang bila tidak dikeluarkan secara maksimal atau tidak dilatih.
Lalu gimana sih cara kita meningkatkan potensi diri kita?

1 keyakinan (the power of believe)
Dengan memiliki keyakinan dalam hati kita sebagai manusia harus percaya bahwa setiap manusia memiliki arti dalam hidup di dunia. Karna Tuhan menciptakan manusia dengan potensi yang berbeda-beda. Bila di dunia manusia semuanya memiliki bakat dan kemampuan yang sama apa jadinya hidup tanpa keberagaman. Bukankah yang berwarna warni itu lebih indah dari pada hanya satu warna.
2 semangat
Semangat adalah bagian dari energi dalam tubuh kita. Sama dengan halnya makanan yang kita makan agar tubuh tetap bertenaga. Semangat juga sebagai pendorong hidup manusia dalam berusaha.
3 fokus
Setiap aktifitas apapun yang manusia lakukan pastinya harus dilakukan dengan fokus dan serius. Karna dengan tetap fokus pada apa yang kita jalani saat ini. Kita tak akan pernah melenceng dari tujuan awal kita yang sebenarnya. Sebagai contoh seseorang yang memiliki cita-cita sebagai pengacara dikala dia besar nanti. Tentunya dia akan fokus belajar untuk mewujudkan cita-citanya itu. Begitu pula dengan seorang pengusaha, baik itu pengusaha makanan ataupun pengusaha pakaian. Bila mereka ingin sukses dan berhasil dalam usaha yang dijalaninya tersebut. Mereka pasti memfokuskan diri bagaimana mengembangkan usaha mereka tersebut.
4 kedamaian dan ketenangan pikiran
Seseorang yang terus maju meniti masa depan perlu memiliki suatu kedamaian pikiran. Dimana dalam pikiran yang damai dan tenang maka akan tercipta suatu ide ataupun pemikiran yang baik pula.
5 kebijaksanaan
Ada pribahasa mengatakan seseorang yang sukses itu adalah seseorang yang bijak. Orang yang memiliki kebijaksanaan berpeluang sukses lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak. Kenapa? Karna orang yang bijaksana akan memikirkan sebab akibat dari setiap yang dia lakukan. Orang yang bijaksana dalam memakai uang mereka tentu akan membelanjakan uang mereka sesuai kebutuhan. Berbeda dengan orang yang tidak bijaksana, mereka tidak bisa memperhitungkan bagaimana mengelola uang yang semestinya. Sama halnya dengan syarat sebagai seorang pemimpin, seorang pemimpin haruslah arif dan bijaksana guna memberikan kesejahteraan bagi dirinya sendiri dan masyarakat pada umumnya.
                                                         
Dari ke lima hal tersebut tentunya tak mudah mengembangkan semuanya. Akan tetapi setiap orang pasti memiliki salah satu yang bisa dikembangkan dari potensi yang dimilikinya. Karena manusia selalu bergerak maju, mari kita lihat sejauh mana arah langkah kita dengan potensi yang kita miliki.  Semoga sedikit uraian mengenai potensi diri ini bermanfaat dan kita bisa lebih mengenal potensi diri kita untuk lebih dikembangkan lagi.


Kenali diri anda dengan melihat potensi diri sendiri. Ayo, kita latih potensi yang sudah kita miliki guna sukseskan hidup.



Comments

Popular Posts