bakteriologi (peranan bakteri dalam kehiupan sehari-hari)


1.      Peranan Bakteri dalam bidang industri pangan.

Peranan bakteri dalam industri pangan ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Bakteri yang menguntungkan dalam bidang industri pangan yaitu  bakteri yang mampu melakukan fermentasi, memproduksi senyawa-senyawa yang menimbulkan citarasa yang khas dan memproduksi asam yang dapat mengawetkan makanan. Misalnya, Acetobacter xylinum, Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus  thermophilis dan lain-lain.  Sedangkan bakteri yang merugikan yaitu bakteri yang menyebabkan terjadinya pembusukan, keracunan, kerusakan pada bahan pangan. Misalnya, Staphylococcus aureus, Clostridium botulinum dan lain-lain.

2.      Peranan bakteri

         Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang berperan dalam pembuatan yogurt yang memfermentasi laktosa untuk menghasilkan asam laktat. Bakteri ini memfermentasi susu untuk menghasilkan asetaldehida, yang memberikan aroma khas yoghurt.

                 Azotobacter berperan dalam penambatan nitrogen, Fungsi azotobacter untuk pertanian dan perkebunan menghasilkan hormon pertumbuhan dan mengurangi serangan hama.
       
               Bakteri Pseudomonas fluorescens merupakan bakteri gram negative yang berbentuk batang yang menghuni tanah, tanaman dan air, bakteri ini dapat mengeluarkan senyawa antibiotik (antifungal), siderofor, dan metabolit sekunder lainnya yang sifatnya dapat menghambat aktivitas jamur Fusarium oxysporum.
      
        probiotik : bakteri hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat,   maka akan memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

ada pula peranan bakteri yang lainya seperti :
  1. Keseimbangan lingkungan : kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktifitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan hidupnya.
  2. Biopestisida : agen biologi atau produk-produk alam yang digunakan untuk mengontrol hama pada tanaman.
  3. Bioremediasi : bioremediasi merupakan pengembangan dari bidang bioteknologi lingkungan dengan memanfaatkan proses biologi dalam mengendalikan pencemaran.

Comments

Popular Posts