CERPEN "SERIGALA & 3 EKOR ANAK AYAM"

 

"SERIGALA & 3 EKOR
ANAK AYAM"

Pada suatu hari ada 3 anak ayam yang sedang membuat rumah untuk mereka berteduh. Anak ayam pertama membuat rumahnya menggunakan bahan dasar jerami, anak ayam yang ke dua membuat rumahnya dengan bahan dasar kayu,dan anak ayam yang terakhir membuat rumahnya dengan menggunakan bahan dasar batu bata. Mereka berkerja sama dan saling bergotong-royong menyelesaikan pembuatan rumah-rumah tersebut. Setelah selesai mereka pun berteduh di rumah yang telah mereka buat dengan penuh kerja keras.
Pada suatu hari ada serigala yang sedang kelaparan, serigala itu melihat ada 3 ekor anak ayam yang lezat, serigala berkata "Wah.........lezat sekali makanan yang ku lihat ini, jika aku makan ke 3 anak ayam tersebut aku pasti kenyang". Serigala pun menghampiri ke 3 anak ayam kecil itu tetapi saat anak ayam itu melihat ada yang datang ke hadapan dia, anak ayam itu pun berlari ke rumahnya sambil berkata "tolong-tolong ada serigala di sini, tolong-tolong dia mau makan kita". Kedua anak ayam yang mendengarnya langsung menjawab "serigala-serigala mana-mana? mari kita lari, mereka bertiga pun lari menuju rumah mereka masing masing. Serigala itu berusaha mengejar ke 3 anak ayam tersebut, tapi sayang serigala tidak mendapatkan anak ayam itu. Serigala pun berfikir dengan perut yang kosong, kata serigala "bagaimana ya aku bisa memakan ke 3 anak ayam kecil itu" serigala terus berfikir, dan lalu ia mempunyai sebuah ide "bagaimana jika aku meniup rumah mereka dan kemudian mereka akan keluar dan aku bisa memakan mereka asik............"
Serigala pun langsung bersemangat dan mendatangi rumah anak ayam anak ayam tersebut. Serigala mendatangi rumah anak ayam yang pertama yang terbuat dari jerami, dan ia langsung meniup rumah tersebut, dan rumah itu pun langsung roboh dan terbawa oleh tiupan serigala. Ayam yang ada di dalamnya,berlari ke rumah anak ayam yg ke dua. Serigala pun mendatangi rumah anak ayam yang terbuat dari kayu ini, dan dia pun langsung meniup juga rumah anak ayam ini. Sama seperti rumah anak ayam yang pertama rumah anak ayam ini pun roboh dan terbawa oleh tiupan serigala. Anak ayam yang pertama dan yang ke dua pun langsung berlari ke rumah anak ayam yang ke tiga,dan berlindung di rumah anak ayam yang ke 3 ini, dan serigala pun mendatangi rumah tersebut dan langsung meniupnya tapi anehnya rumah itu tidak roboh. Serigala pun bingung "bagaimana bisa rumah ini tidak roboh padahal aku sudah meniupnya " serigala itu berulang kali meniupnya tetapi tetap saja tidak roboh. Lalu serigala itu pun langsung berfikir lagi dengan perutnya yang kosong "bagaimana jika aku gelindingkan batu besar ke rumah itu, aku yakin rumah itu akan hancur".
Lalu serigala itu mengambil batu besar di hutan batu yang besarnya melebihi ukuran serigala tersebut. lalu dia menggelindingkanya ke rumah anak ayam yang ke tiga itu. Setelah di gelindingkan tetapi tetap saja rumah itu tidak roboh . Serigala itu pun langsung putus asa, dan dia meninggalkan rumah itu dan tidak kembali lagi. Anak ayam yang ke dua tersebut melihat ke luar "apakah serigala itu sudah tidak ada?". "dia dia sudah tidak ada hore............’. Ke tiga anak ayam itu pun keluar, mereka dan semua penghuni hutan bisa hidup tenang dan damai.

Penulis devys
TAMAT

Comments

Popular Posts